jambore-sepeda-kompas-1

Yuk Ikuti Event Jambore Sepeda Harian Kompas 2015!

Buat yang demen gowes, luangkan waktu dan persiapkan fisik untuk 28 Februari – 1 Maret 2015, karena Harian Kompas akan menggelar event Jambore Sepeda Kompas pada tanggal tersebut. Start akan dimulai pukul 07.30 WIB di Kota Baru Parahyangan, yang kemudian dilanjutkan ke bumi perkemahan Rancaupas dimana para peserta akan menginap di dalam tenda selama semalam.

Tidak perlu bawa tenda karena sudah dipersiapkan oleh pihak panitia. Juga tidak perlu bawa kompor untuk masak karena konsumsi juga sudah disediakan :D Untuk mendapatkan semua fasilitas ini, kamu cuma perlu membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 400.000. Selain tempat menginap dan konsumsi, plus logistik perjalanan, juga ada kaos jersey yang akan dibagikan ke masing-masing peserta.

jambore-sepeda-kompas-2

Untuk Jambore Sepeda 2015 ini, Kompas membuka pendaftaran untuk siapa saja dan siap menampung hingga 250 peserta. Jadi ini kesempatan buat kamu yang tidak hanya hobi mengayuh pedal, tapi juga ingin menikmati segarnya udara alam sekaligus having fun dengan teman-teman baru yang juga punya hobi yang sama. Sebagai bonus, juga akan ada undian, lho. Siapa tahu kamu termasuk yang ketiban rejeki saat undian dan bisa berpartisipasi dalam Jelajah Sepeda Kalimantan atau Jelajah Sepeda Papua yang juga akan diselenggarakan oleh Harian Kompas di bulan Mei dan Juni 2015.

Tertarik? Kalau begitu buruan daftarin diri kamu ke bike.kompas.com pada tanggal 22 Januari 2015 nanti.

Foto: Kompas.com

kedai-kopy-beecy-4

Beecy, Kedai Kopi Komunitas Penggila Sepeda di Jakarta

Sisi unik dari BEECY Bike & Beans Coffee yang membuatnya tampak menonjol di antara coffee shop yang banyak ‘berceceran’ di mana-mana adalah tema sepeda yang diusungnya. Didalamnya para penyeruput kopi bisa menikmati koleksi sepeda yang memang sengaja dijadikan penghias interior. Dan jangan salah, koleksi yang dipamerkan bukan sekedar sepeda biasa. Beberapa diantaranya termasuk item-item langka, lho. Contohnya seli Dahon tipe The Hon Solo yang konon kabarnya di dunia ini cuma ada 500 unit saja.

Dari sekian banyak sepeda yang bisa dilihat di kedai kopi yang terletak di kawasan Kebayoran Baru tersebut, mungkin yang bakalan paling menarik perhatian pengunjung adalah sepeda lipat Brompton M type custom Golden Plate. Kenapa? Karena seli ini disepuh dengan emas 22 karat yang membuat tampilannya tampak ngejreng. Bagian sepeda yang dibalut emas tidak hanya top tube, tapi juga handle post, fork, rem depan dan kabel shifter. Bahkan rantai dan tutup pentilnya pun juga. Alamak.

kedai-kopy-beecy-3

Tidak hanya itu saja. Berbagai perlengkapan sepeda pun bisa ditemui didalamnya, dipamerkan bersama dengan sepeda-sepeda langka tersebut. Kalau kebetulan di antara perlengkapan tersebut ada yang menarik minat, pengunjung bisa membelinya.

kedai-kopy-beecy-2

Menarik ya. Bagaimana dengan kota kamu? Apakah juga ada kedai kopi komunitas penggila sepeda seperti Beecy di tempat tinggalmu? Kalau ada, beruntung sekali goweser yang tinggal di sana :)

Foto: manual.co.id

ribuan-burung-terbang-1

Fenomena Unik Ribuan Burung Yang Terbang Melukis Langit

Jika kamu baru pertama kalinya melihat kumpulan video di bawah ini, mungkin kamu akan mengiranya hasil editan video. Fenomena pemandangan ribuan burung yang terbang secara bergerombol ini memang terbilang spektakuler. Melihatnya terbang beramai-ramai saja sudah bikin kagum, apalagi kalau di saat terbang membentuk pola-pola formasi yang unik secara silih berganti. Menakjubkan. Seakan-akan mereka ini memang sengaja melukis langit.

ribuan-burung-terbang-2

Kalau memang kamu masih ragu-ragu apakah video-video ini asli atau hasil rekayasa, coba luangkan waktu untuk membuka situs YouTube dan membaca komentar-komentar yang menyertai setiap video tersebut di masing-masing halamannya, dan juga browsing untuk mencari tahu apakah fenomena tersebut benar-benar ada.

Warning! Kalau kebetulan kamu singgah di negara-negara tersebut dan beruntung bisa melihat fenomena alam ini secara langsung, pastikan kamu tidak berada di bawah burung-burung tersebut kalau tidak ingin kejatuhan ribuan kotoran :D

avatar-poster-1

Jadwal Rilis Film Avatar 2 Ditunda Hingga Tahun 2017

Fiuh, gara-gara ada perbaikan skenario, pemutaran film Avatar 2 jadi dimundurkan setahun, dari yang tadinya tahun 2016 menjadi tahun 2017. Menurut sutradara James Cameron, jalan ceritanya terlalu kompleks untuk dijadikan film tiga sekuel. Dan sebelum keseluruhan skenarionya selesai, film Avatar 2 tidak akan dibuat.

Bagaimana menurutmu? Terlalu lama? Harap dimaklumi, kalau kamu mengenal karya-karyanya di dunia perfilman, kamu pasti tahu sutradara yang satu ini memang tidak setengah-setengah dalam berkarya.

Coba saja lihat rekor penghasilan yang diraih Avatar dan Titanic.

Avatar meraup keuntungan sebesar US$ 2,8 milyar, sedangkan Titanic berhasil menggondol US$ 2,2 milyar. Dengan keuntungan sebesar itu, tidak heran jika keduanya disebut-sebut sebagai film terlaris sepanjang masa, seperti yang bisa kamu lihat di daftar ‘All Time Box Office’ di situs boxofficemojo.com atau daftar ‘Highest-grossing films’ di Wikipedia.

avatar-poster-2

Keduanya pun meraih penghargaan yang teramat banyak dari berbagai gelaran Award seperti Oscar dan Golden Globe Awards. Titanic berjaya dengan 117 penghargaan dan 59 nominasi, sementara Avatar mengekor dengan 76 penghargaan dan 100 nominasi.

Kembali ke jadwal peluncuran Avatar. Karena Avatar 2 ditunda penayangannya hingga tahun 2017, penonton pun juga harus bersabar menanti pemutaran Avatar 3 dan Avatar 4, yang dijadwalkan untuk dirilis di tahun 2018 dan 2019.

jamtangan-hytskull-3

Jam Tangan HYT Skull Buat Yang Ingin Tampil Beda

Jam tangan HYT Skull tidak hanya terkesan garang, tapi juga lain daripada yang lain. Pertama, kalau jam pada umumnya menggunakan jarum jam atau angka digital sebagai penunjuk waktu, HYT justru menggunakan cairan. Cairan ini mengalir di sepanjang tepian gambar tengkorak di bagian tengah jam. Kedua, tidak ada indikator menit. Perancangnya justru lebih memilih untuk menampilkan indikator detik yang letaknya cukup tersembunyi, yaitu di bagian mata kiri. Jadi ketika ada temanmu yang menanyakan waktu, kamu mungkin cuma bisa menjawab ‘Jam 8 pagi lebih sekian menit’; ‘Masih belum jam 9 kok’; ‘Sebentar lagi jam 9′. Begitu temanmu tidak puas dan bertanya ‘Jam 8 lebih berapa?’ Kamu pun cuma bisa menjawab ‘Entahlah, mungkin rumput yang bergoyang lebih tahu daripada aku.’ :D

jamtangan-hytskull-1

jamtangan-hytskull-2

Karena tidak adanya penunjuk menit inilah, jam tangan HYT Skull tidak cocok untuk kamu yang benar-benar peduli dengan waktu. Tapi kalau kamu memakai jam tangan sekedar untuk menunjang gaya penampilan biar lebih keren, atau kalau kamu ingin punya jam tangan dengan tampilan yang benar-benar anti mainstream, atau mungkin kamu seorang kolektor jam yang imannya jauh lebih lemah ketika melihat jam daripada cewek :D , sepertinya HYT Skull layak untuk melingkar di pergelangan tanganmu.

popslate-iphone-dua-layar-1

popSlate Untuk iPhone: Dua Layar, Tapi Baterai Lebih Tahan Lama

Pada intinya, apa yang ditawarkan oleh popSlate ini sama seperti YotaPhone 2: tambahan layar di bagian belakang dengan tampilan berbalut teknologi e-ink. Jadi, iPhone kamu akan memiliki dua layar. Layar tambahan ini nantinya akan selalu menyala, jadi cocok untuk keperluan-keperluan yang memang mengharuskan kamu untuk sering-sering melihat layar. Misalnya, melihat peta ketika kamu lagi di perjalanan, melihat resep masakan saat kamu memasak untuk memastikan tidak ada bahan dan proses yang terlewat, melihat nomor rekening bank saat kamu hendak mentransfer sejumlah uang melalui ATM, dan masih banyak lagi.

popslate-iphone-dua-layar-3

popslate-iphone-dua-layar-2

Biarpun selalu menyala, kamu tidak perlu kuatir dengan baterainya karena tampilan e-ink membutuhkan lebih sedikit daya daripada layar utama iPhone. Jadi dengan popSlate, selain dua layar, keuntungan lainnya adalah baterai bisa tahan lebih lama asalkan kamu lebih sering menggunakan layar tambahan tersebut. Dalam situasi darurat, yaitu ketika baterai iPhone hampir menemui `nafas terakhir`nya tapi kamu masih perlu mengirim beberapa pesan, layar belakang ini bisa menyelamatkanmu di detik-detik penentuan tersebut.

Penasaran sampai sejauh mana layar tambahan ini bisa menghemat baterai? Pembuatnya mengklaim bahwa layar tersebut bisa tetap menyala hingga seminggu dalam satu kali charging.

popSlate ini kompatibel dengan iPhone 6 dan iPhone 5/5S. Harganya relatif cukup terjangkau, yaitu $129. Tapi, seperti yang diinformasikan oleh situs resminya, popslate.com, stok awalnya sudah habis. Jadi untuk membelinya kamu terpaksa harus pra-order yang nantinya akan dikirim bulan Februari 2015. Nah, buat kamu yang ingin punya ponsel dua layar, kamu tidak perlu membeli smartphone lagi seperti YotaPhone, cukup tempelkan popSlate ke iPhone.