Gemuk Tapi Sehat, Mungkinkah?

Selama ini kegemukan identik dengan risiko penyakit berat, jadi wajar kalau kemudian muncul pertanyaan apakah mungkin badan gemuk tapi tetap sehat? Jawabannya, mungkin, tapi biasanya tidak untuk jangka waktu lama. Kebanyakan orang gemuk yang sehat pada akhirnya akan mengalami masalah tekanan darah, kolesterol dan faktor-faktor risiko sindrom metabolik lainnya.

Setidaknya itulah hasil penelitian Joshua A. Bell dan rekan-rekannya yang dimuat di Journal of The American College of Cardiology dengan judul The Natural Course of Healthy Obesity Over 20 Years.

Studi yang dilakukan terhadap 2.500 pegawai negeri di Inggris tersebut menemukan bahwa dari 66 orang yang dulunya dikategorikan sebagai “obesitas sehat”, 34 orang diantaranya berubah menjadi “obesitas tidak sehat” seiring dengan berjalannya waktu.

Foto: Michael Coghlan
Foto: Michael Coghlan

Dr. Sarah Appleton dari Universitas Adelaide juga menyatakan adanya bukti lain yang menunjukkan bahwa mereka yang obesitas cenderung akan menjadi tidak sehat di masa mendatang.

Di sisi lain, Dr, David Friedman dari Franklin Hospital, New York, malah menganggap bahwa “obesitas sehat” itu tidak ada. Sama halnya seperti setiap prilaku buruk, pada akhirnya obesitas akan membawa masalah kesehatan bagi penderitanya.

Makanya, buat siapapun yang merasa punya berat badan berlebih, segeralah melangsingkan tubuh kalau ingin lebih aman dari penyakit-penyakit berat. Kalau selama ini olahraga yang dijalani ternyata tidak mempan, mungkin sudah saatnya untuk berolahraga lebih giat atau bahkan mengikuti program diet.

Featured image: davidd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *