flossing-1

Kenapa Flossing Penting Untuk Kesehatan Gigi?

Rajin gosok gigi? Jangan senang dulu, karena terkadang butuh lebih dari sekedar gosok gigi agar gigi tetap sehat. Idealnya, selain menyikat gigi, berkumur dengan mouthwash dan flossing juga perlu dilakukan untuk benar-benar mencegah munculnya masalah pada gigi. Sayangnya, meskipun sudah banyak yang tahu bagaimana caranya melakukan flossing, tapi masih jarang yang mau mempraktikkannya. Buat yang masih belum tahu, yang dimaksud dengan flossing adalah pembersihan sela-sela gigi dengan menggunakan benang gigi (yang juga dikenal dengan istilah dental floss).

Di antara yang enggan membiasakan flossing, ada yang beralasan flossing tidak diperlukan karena sedikit atau bahkan tidak ada manfaatnya. Ini tidak benar. Setidaknya ada 4 manfaat penting yang bisa didapatkan dari flossing, seperti yang dilansir Health Me Up. Apa saja?

1. Mencegah terbentuknya tartar

Yang dimaksud dengan tartar adalah timbunan lapisan plak yang mengeras. Biasanya ini terjadi akibat lapisan plak yang tidak segera dibersihkan. Karena sudah mengeras inilah, tartar menjadi lebih sulit untuk dilenyapkan. Asal kamu tahu saja, tartar ini juga bisa menyebabkan penyakit gusi seperti gingivitis, lho.

2. Mencegah gigi berlubang

Apa penyebab utama gigi bisa sampai berlubang? Karena adanya makanan yang masih menempel pada gigi atau terselip di antara sela gigi. Kalau kasusnya seperti ini, flossing lebih efektif daripada gosok gigi untuk membersihkan sisa makanan bandel tersebut dengan tuntas.

flossing-gigi

3. Mencegah bau mulut

Tidak hanya menyebabkan gigi berlubang yang ujung-ujungnya bikin kamu menderita lahir batin seharian, makanan yang masih tersisa di area gigi akan membusuk yang kemudian menimbulkan bau tidak enak. Jadi secara tidak langsung, flossing juga membantu mencegah bau mulut yang bisa membuat lawan bicaramu mendadak sempoyongan :D

4. Mencegah penyakit lain

Masalah mulut juga bisa menjalar ke bagian tubuh lain dan menyebabkan sejumlah penyakit berat. Misalnya, penyakit jantung, diabetes, penyakit pernapasan, dan sebagainya. Di tahun 2003, CDC (Centres for Disease Control and Prevention) mengemukakan sebuah rekomendasi tentang pentingnya mengawasi dan menjaga kesehatan mulut dan gigi karena dapat memunculkan penyakit-penyakit sistemik yang mematikan.

Nah, jadi sudah jelas, selain mencegah masalah mulut dan gigi, flossing juga membantu mencegah penyakit lain. Karena itu mulai sekarang biasakanlah flossing secara teratur minimal satu kali sehari sebelum tidur.

Featured image credit: orawellness.wordpress.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>