jaket-sepeda-1

Memilih Jaket Sepeda

Jaket sepeda tidak hanya berguna untuk menahan dingin saat bersepeda di malam atau dini hari, tapi juga bisa membakar lemak lebih cepat dan melindungi badan dari siraman air hujan. Pertanyaannya, jaket sepeda mana yang harus dipilih? Mengetahui jenis-jenis jaket sepeda akan sangat membantu keputusan dalam membelinya. Misalnya, ada jaket sepeda yang waterproof , ada juga yang water resistant, dan ada pula yang didesain sekedar untuk menahan terpaan angin (windstopper).

Kalau memang menginginkan jaket yang anti air, pilihlah yang waterproof karena jaket jenis ini menggunakan seal serta seam tape sebagai penutup jahitannya serta diperkuat dengan lapisan DWR (durable water-repellent). Sedangkan untuk yang water resistant, jaket ini biasanya tidak bisa bertahan lama dalam mencegah rembesan air meskipun hujannya tidak begitu lebat. Plus, jaket anti air biasanya dirancang pula untuk mampu menahan angin. Sebaliknya, jaket sepeda yang mampu menahan angin belum tentu anti air.

Yang juga penting untuk diperhatikan saat hendak membeli jaket sepeda adalah bahannya. Cari tahu apakah jaket tersebut terbuat dari bahan yang breathable atau non-breathable. Kalau mau bergerah-ria saat gowes sekalipun cuaca lagi mendung atau bahkan hujan, silahkan pilih yang non-breathable. Jika ingin meminimalisir sumuk (gerah), pilih yang breathable. Apa itu lapisan breathable? Intinya, lapisan ini memiliki kemampuan untuk mengeluarkan udara lembab (yang dihasilkan uap tubuh) dari bagian dalam.

jaket-sepeda-2

Jangan lupa juga untuk memastikan jaket sepeda yang dipilih memberikan kenyamanan yang sepadan dengan harganya. Jangan sampai hanya karena ingin tampil bergaya dengan jaket yang berdesain keren lantas faktor kenyamanan dinomorduakan.

Bagi yang hendak membeli jaket sepeda untuk yang pertama kalinya, jangan heran dengan desain bagian belakang jaket yang sedikit lebih panjang daripada bagian depan. Tergantung dari jenis sepedanya, posisi tubuh pesepeda biasanya sedikit membungkuk saat sedang gowes sehingga bagian belakang jaket agak tertarik ke atas. Karena itulah bagian belakang dibuat sedikit agak panjang.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>