sistem-volvo-helm-1

Sistem Keselamatan Ini Cegah Tabrakan Antara Sepeda dan Mobil

Pernah kaget karena mendadak ada mobil lewat saat lagi gowes? Atau sebaliknya, ketika sedang asyik-asyiknya nyetir mobil hasil pinjaman ke teman buat mengantar gebetan, tiba-tiba ada pesepeda yang nyelonong begitu saja sehingga kamu terpaksa harus mengerem kuat-kuat. Cewek incaranmu misuh-misuh, si pesepeda nyengir tanpa rasa dosa. Pernah? Semoga belum dan semoga tidak akan pernah, apalagi dengan hadirnya sistem keselamatan hasil kerjasama Volvo dengan POC yang berbasis di Swedia.

Cara kerjanya, dengan memonitor posisi pesepeda dan pemobil secara real-time, sistem dua-arah tersebut akan mengirimkan sinyal peringatan ke kedua pengendara ketika mereka hendak berpapasan.

Agar sistem ini dapat menjalankan fungsinya, pesepeda harus menggunakan aplikasi mobile seperti Strava dan membawa ponselnya saat gowes. Selain terhubung dengan layanan cloud Volvo, aplikasi ponsel tersebut juga terkoneksi dengan helm. Saat pesepeda akan berpapasan dengan mobil, lampu yang ada pada helm akan menyala berkedip-kedip disertai dengan suara dengungan (seperti yang bisa ditonton dalam video di bawah ini).

Sedangkan untuk pemobil, mereka dapat melihat sinyal tersebut pada bagian bawah kaca depan.

sistem-volvo-mobil-2

Sistem keselamatan ini sebenarnya sangat menarik, tapi sayangnya masih punya keterbatasan yang mungkin akan membuatnya sulit untuk diadopsi secara luas. Pertama, masalah privasi—tidak semua orang suka keberadaan mereka dilacak terus-menerus meskipun itu untuk kebaikan mereka sendiri. Kedua, sistem ini hanya terbatas untuk mobil Volvo. Namun demikian, tidak tertutup kemungkinan kedepannya perusahaan-perusahaan lain akan turut mengembangkan teknologi serupa.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>