gigi-1

Ternyata Bukan Hanya Makanan Manis Penyebab Gigi Berlubang!

Jangan banyak-banyak makan makanan manis, nantinya giginya berlubang lho. Nasihat semacam ini sudah umum didengar, tapi apa benar makanan manis yang selalu jadi penyebab gigi berlubang? Tidak, karena makanan manis bukan satu-satunya yang bisa menimbulkan masalah gigi tersebut.

Penyebab lainnya yang dianggap paling umum justru adalah lapisan plak yang tertimbun pada gigi yang disebabkan oleh bakteri tertentu dalam mulut. Hal ini bisa terjadi apabila mulut tidak dibersihkan dengan baik. Kalau kebersihan mulut tidak diperhatikan baik-baik, lapisan ini nantinya akan makin mengeras dan mengundang bakteri lebih banyak lagi untuk ‘berpesta pora’ di gigi. Makin banyak bakterinya, gigi makin rentan berlubang.

gigi-2

Yang makin merepotkan, gigi bisa saja sudah berlubang meskipun gigi tidak terasa sakit. Ini artinya banyak orang yang tidak menyadari kalau sebenarnya gigi mereka sudah bermasalah. Jika tidak dirawat sejak awal lubang ini terbentuk, bakteri akan masuk dan menginfeksi saraf gigi yang kemudian menimbulkan rasa nyeri. Di saat inilah kebanyakan orang baru menyadari ada sesuatu yang tidak beres dengan giginya.

Lalu bagaimana cara mencegahnya? Gosok gigi setidaknya dua kali sehari, yaitu sebelum tidur dan sesudah sarapan. Kalau dirasa masih ada makanan yang nyangkut di gigi, bersihkan dengan benang gigi (flossing).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>